Telah Terlahir Bayi dari Warga Pengungsi Sampang

lbh universalia

SIARAN PERS

Di tengah kondisi memprihatinkan, telah lahir seorang bayi laki-laki di RSUD Sampang. Biaya persalinan ironisnya akan dibebankan kepada orang tuanya yang kini masih mengungsi di Gelanggang Olahraga Sampang. Sebab, masa tanggap darurat dikatakan sudah habis.

TELAH lahir seorang bayi laki-laki dengan berat 3 kilogram dari pasangan pengungsi Syiah Sampang Bapak Jauhari (45) dan Ibu Rokiyah (37) pada 18 Januari 2013 pukul 10.15 WIB di RSUD Sampang.

Selama mengandung, sang ibu tinggal di pengungsian dan tak mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya. Baru menjelang persalinan, sang ibu dibawa ke RSUD Sampang. Bayi pun lahir dalam kondisi sungsang dan memerlukan alat bantu pernapasan.

Relawan LBH Universalia di lokasi melaporkan orang tua bayi akan menanggung biaya persalinan. Selain karena mereka tak memiliki kartu jaminan kesehatan masyarakat, Pemerintah pun menilai masa tanggap darurat pengungsi Syiah telah habis.

Sekitar 165 orang yang menjadi pengungsi di kampung mereka sendiri, termasuk 48 anak-anak—di antaranya bayi berusia 3 bulan—masih hidup dalam kondisi tak layak di Gelanggang Olahraga Sampang, Jawa Timur, selama lebih dari lima bulan setelah kampung mereka diserang oleh segerombolan orang pada 26 Agustus 2012.

Kondisi di penampungan sementara semakin memprihatinkan karena sejak 1 Januari 2013, Pemerintah Kabupaten menghentikan suplai makanan dengan alasan anggaran untuk pengungsi telah habis dan masih menunggu bantuan dari Pemerintah Provinsi. Pengungsi pun mengalami masalah suplai air bersih yang tak mencukupi, sehingga harus membeli air.

Warga Syiah dari Dusun Nangkernang, Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben, dan Dusun Gading Laok, Desa Blu’uran, Kecamatan Karang Penang, Kabupaten Sampang, di Madura, Jawa Timur, terusir dari kampung mereka setelah gerombolan anti-Syiah menyerang mereka dengan senjata tajam dan batu. Satu orang terbunuh dan belasan lainnya luka-luka. Gerombolan itu juga membakar habis 48 rumah dan puluhan ternak.

Jakarta, 19 Januari 2013

Kantor LBH Universalia

 
Hertasning Ichlas

Media contact: Agus Setiawan 081359465923

Salam,

Irman Abdurrahman
081510301044

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s