“Lelap”

dalam lelah pemuda itu langkahkan kaki
susuri setapak jalan di lereng bukit
dipandu jejak-jejak angin
yang dititipi harum nafas
kekasihnya

di bawah naungan cemara
berbalut sutra putih,
sang gadis duduk bersimpuh

“bagaimana perjalananmu hari ini?” sapa sang gadis. tersenyum manis.
“hari ini? umm…, aku bertemu dengan seorang sahabat yang kehilangan kekasihnya. dan seorang gadis berbaju merah,” jawab si pemuda, sandarkan tubuhnya di batang pohon cemara, segaris dengan sang gadis.
“ooh…?”
“kekasih sahabatku mendahuluinya. satu putaran bulan ia berduka. menutup diri di kamarnya, tak mau bertemu siapa-siapa. aku coba tuk menemaninya.”
“apa yang kau katakan padanya?”
“aku hanya menemaninya.”
“ooh…”

sang gadis tersenyum mendengar jawaban si pemuda.

“dan bagaimana dengan gadis berbaju merah?”
“hah-ha…, dia, ya?” si pemuda nyengir. “dia adalah aksara yang indah dan nama yang cantik. dalam hamparan wujud, ia adalah surah, sebuah pecahan cermin yang bening.”
“dan?”
“tentu aku menyapanya.”
“hanya menyapanya?”
“itu cukup bagiku.”
“benarkah?”
“aku rasa iya.”
“bagaimana dengan pikirmu?”
“senada.”
“oh ya?”
“hah-haha…,” si pemuda tertawa. “ayolah, gadis cantik. jangan terus menggodaku. nanti aku tergoda beneran, hayo!”
“hihihi…”

sang gadis ikut sandarkan bahu kecilnya di batang pohon
ikut menatap persada yang disapa si pemuda.
“hei, maafkan aku, ya…?”
“?”
“aku bahkan belum memulai perjalananku…”
“hum?”
“bisa kau bangunkan aku tengah malam nanti?” pinta si pemuda. perlahan pejamkan mata. “aku hanya bisa menempuhnya di malam hari…”
“oh, tentu,” sang gadis tersenyum. tak menyangka akan mendengar kata-kata yang lama ditunggunya ini. “tentu aku akan membangunkanmu.”
“hei…”
“hum?”
“kau… harum sekali…”

sang gadis tak lagi mendengar lanjutan gumam si pemuda
kepala pemuda itu kini labuh di bahunya
mendengkur pelan, kelelahan.

sang gadis tersenyum lembut
dipanggilnya semilir angin
tuk lelapkan si pemuda
dalam pelukannya.

Leave a Reply

