Kelemahan Terbesar PKS…?

sapitak hanya sekarang yg lagi rame, dari dulu membicarakan PKS memang menarik. pro atau kontra, harus diakui militansi kader2 PKS patut diacungi jempol. saat diskusi dgn temen yang pernah ikut di partai ‘akhi-ukhti’ ini, ia menceritakan banyak hal dan memuji aspek kesolidan dan militansi PKS… juga ghirrah perjuangan di akar rumput yg terikat oleh semangat dan ketulusan membela Islam. dan jujur saja, scr personal, saya juga mengaguminya.

tapi di sisi lain justru inilah salah satu kelemahan terbesar kader2 militan (mau pun yg ikut-ikutan) PKS: “karena besar dengan pendekatan doktrin2 agama dan moral para murabbinya yg merupakan agen PKS di halaqah-halaqah mereka, secara sembrono (atau sengaja diarahkan…??) kader-kader PKS mengasosiasikan partai mereka dengan agama (Islam). apalagi simbol2 yang dieksploitasi partai kental dengan nuansa agama (Islam). sehingga ketika partai/elitnya diserang, kita lihat para kader-kader militan dgn heroiknya ‘berjihad’ membela partai/person dalam partai, seolah2 penyerangnya adalah anti-Islam, kafir, dan sejenisnya.” padahal sejatinya yg diserang itu partai atau elit/person di dalam sebuah partai, BUKAN agama Islam!

jelas sekali terlihat, entah mengapa mereka selalu saja gagap dan kebingungan tiap kali berusaha mendifferensiasi mana partai, mana person, dan mana Islam. semua scr ceroboh dan serampangan dijus jadi satu. akibatnya ya… seperti yang kita lihat sekarang ini, terutama saat kasus presiden mereka Hasan Luthfi Ishaq ditangkap KPK karena kasus suap sapi. saat mereka berusaha membela pimpinannya ini dengan berbagai apologi dan argumentasi, mereka justru ditertawakan dan dicemooh oleh publik yang (kebetulan?) memiliki kemuakan kolektif terhadap rekam jejak buruk PKS yg berubah drastis sejak berganti nama dari PK.

lihatlah salah satu komentar pembelaan seorang kader partai akan kasus pimpinannya ini yg sempat dishare oleh temen di Facebook, “itu fitnah….., tidak mungkin Presiden P…. korupsi, balas jasa/budi, gratifikasi dan hibah itu lumrah dalam masyarakat yang ber”iman”, demi perjuangan (2014), “mengambil”, “meminjam” atau “memakai” hak orang lain “halal” hukumnya. (inisial : pp, Kamis, 31 Januari 2013 | 08:50 WIB). fanatisme salah arahnya membuatnya kalap dan tidak bisa berfikir dengan jernih. contoh lain mudah sekali kita temukan di internet saat ini.

terlebih lagi…, dalam partai/kelompok yg pengikatnya adalah doktrin ‘spiritualitas emosional’ namun minus bangunan rasionalitas yang kokoh, PKS menjadi sangat mudah dimanipulasi oleh elit2 bermental PSK yg memanfaatkan ketulusan dan perjuangan para kader-kader militan di akar rumput. dan sejarah umat manusia penuh dgn contoh ini… -__-

semua kritik, sinisme, dan sarkasme pedas yang membanjiri PKS ini tentu sangat mengguncang partai yg mengatasnamakan Islam ini. tapi sebenarnya kalau kader-kader PKS mau bijak, justru sebenarnya PKS bisa menjadikan insiden ini sebagai starting poin untuk benar2 membersihkan partai PKS dari elit2 bermental PSK di dalamnya….

tentu saja, hal ini bisa terjadi kalau mereka mau berbesar hati membuang fanatisme salah arah mereka ini…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s