3 Cara Menyampaikan Kebenaran (SAJA)…???

Bung Karno Berpidato

Bung Karno Berpidato

apa pun ideologi dan keyakinannya. dalam menyampaikan apa yg menurutnya benar, orang terbagi menjadi 3 kelompok (saja?):

1. sebagian orang mengira kebenaran ‘HARUS SELALU’ disampaikan dengan cara yg lembut, halus, santun, dan tidak melukai perasaan.
2. sebagian lagi mengira kebenaran ‘HARUS SELALU’ disampaikan dengan cara yang tegas, ganas, galak, tanpa kompromi, kalau perlu pakai kekerasan untuk memaksakan kehendaknya.
3. ada juga yang mengira kebenaran itu ‘HARUS SELALU’ kompromistis, menyenangkan semua pihak, bisa diatur, penuh apologi-apologi aka kepura2aan, dan pragmatis.

yg pertama adalah si damai, yg kedua adalah si sengit, yg ketiga adalah si genit. ketiganya adalah generalisir sikap yg selamanya INVALID…!!!

konsekuensi dari sifat2 invalid yg overdosis ini adalah:
> orang yg ‘selalu’ damai disebut pengecut, penakut, lembek, membuat orang makin berbuat zalim (krn ia tak mencegahnya dgn tegas saat diperlukan), dst.
>orang yg ‘selalu’ sengit disebut pemarah, arogan, dungu, maniak, PSIKOPAT!
>orang yg ‘selalu’ genit disebut orang yang plin-plan, penjilat, munafik, pragmatis, cari aman doang!

ketiga2nya; kelembutan, ketegasan, dan kompromi selamanya sifatnya netral. ia bisa baik atau buruk tergantung sikon yg ada. menggeneralisir harus pake salah satu cara doang dalam setiap kondisi yg berbeda2 adalah kenaifan dan tanda malas berfikir, menutup mata terhadap keunikan person, latar-belakang yg bermacam-macam, dan dinamisnya realitas dengan fenomenanya yg berbeda-beda.

yg terbaik tentu saja, menggunakan 3 cara/sikap tersebut ‘pada tempatnya’, ‘pada situasi yg tepat’. itu baru balance dan bijaksana. tapi tentu saja, bukan berarti anda akan aman tanpa resiko. karena dunia ini memang alam yang harus beresiko. alam sebab akibat gitu lah… dan resikonya adalah: si damai akan menuduh Anda tidak santun, si sengit akan menuduh Anda tidak tegas, dan si genit akan menuduh Anda tidak toleran.

jadi…? ya, silahkan Anda pilih sendiri mau pake yang mana.
tapi inget, apa pun yg Anda pilih, semua ada resikonya loh! hehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s