2 CARA MANUSIA MEMBANGUN KEYAKINAN

BAGAIMANA ANDA MEMBANGUN KEYAKINAN…???

setiap orang pasti memiliki keyakinan yang ia ikuti dan ia jadikan pegangan dalam menjalani kehidupan. yang doyan disebut religius menyebutnya ‘iman’ atau ‘aqidah’, yang alergi dideket2in ke religiusitas cukup menyebutnya sbg ‘prinsip hidup’ atau ‘rasionalitas’.

apa pun itu, keyakinan, iman, aqidah, atau prinsip hidup, adalah sebuah pondasi yang tidak serta merta ada. ia dibangun, dibentuk, dan kemudian dipilih sendiri oleh manusia sbg pondasinya menjalani kehidupan. dalam membangun keyakinannya ini ada 2 karakter utama keyakinan:

1) Keyakinan Pasif

keyakinan pasif adalah keyakinan yang ‘taken for granted’. si pe-yakin sifatnya cenderung pasif dan asal ‘nrimo’ saja. kebanyakan berasal dari warisan keturunan. ini yang paling umum dan paling banyak. ini disebut keyakinan turunan, agama turunan, madzhab turunan, jalan hidup dan prinsip turunan, dst. seseorang membangun keyakinan dan prinsip hidupnya krn ia sejak kecil dibesarkan dgn keyakinan seperti itu, keluarga, teman, dan lingkungannya jg seperti itu, ya scr natural jadinya seperti itu.

jenis kedua bangunan keyakinan pasif yang sedang menjamur dewasa ini terlihat dengan jelas melalui media-media sosial di internet yg sedang menjamur; web-web, blog, forum, dan grup2 facebook. sebagai sumber informasi, web, blog, forum, dan grup2 ini sekarang menjadi salah satu pusat doktrinasi keyakinan yang sangat efektif. apalagi jika dibumbui dgn link-link berita yg memeras air mata (meski kevalidannya masih dipertanyakan). orang2 yang kurang wawasan dan pengalaman mudah sekali terjebak oleh grup2 ‘jorok’ ini. juga orang-orang yang sejak kecil memiliki karakter keyakinan pasif. apalagi jika admin grup2 ‘jorok’ ini menggunakan bendera kelompok ‘mayoritas’.

dari sinilah, bangunan keyakinan (pasif) mrk semakin mengeras. namun sayangnya, krn kurangnya kekritisan (dan biasanya admin grup langsung men-delete suara2 kritis yg muncul), membuat mrk semkain mudah diindoktrinasi dgn banyak sekali fitnah2 murahan bagai kerbau dicocok hidungnya. ironisnya, jumlah mrk sangat banyak… -__-

2) Keyakinan Aktif

ini adalah jenis keyakinan yang dibangun melalui pencarian, pembuktian, dan memeras keringat dan bahkan darah. hanya sedikit orang yang mau menempuh jalan ini karena sulitnya jalan, sedikitnya teman, dan banyaknya permusuhan dan orang yang tak cukup kuat mental untuk menerima orang lain berbeda pandangan dengan dirinya.

keyakinan aktif merupakan sebuah perjalanan panjang yang tak berakhir kecuali dgn kematian. ia tak melulu harus di satu jalan (madzhab) tertentu. ia bisa dimulai dari jalan mana pun, karena setiap jalan pasti memiliki nilai kebenarannya masing-masing, hanya tinggal seberapa persen saja tingkat kebenarannya. ia bisa saja berpindah-pindah jalan, tetapi tujuannya tetap yang Satu. dan pada akhirnya jalannya pun pasti yang Satu. seorang yang aktif membentuk keyakinannya karena itu, adalah orang yang selalu kehausan dan selalu mencari sumber air (kebenaran) untuk memuaskan dahaganya akan kebenaran hakiki.

karena itu, orang yang scr aktif membangn keyakinannya emiliki karakter yang kritis, tak mudah percaya sebelum hujjah dijelaskan, tidak mudah tertipu oleh fitnah2 sektarian dan selalu bertabayyun atas semua informasi yg ia terima, tidak buru2 menyimpulkan sebelum cross-check ke berbagai narasumber, dst.

satu lagi karakter menonjol orang yg membangun keyakinannya scr aktif adalah; toleran dan menghormati pilihan orang lain. ini krn orang yg mencari dan membangun sendiri keyakinannya mengetahui bahwa semua orang -dgn latar belakang yg berbeda2- sebenarnya menuju ke Satu tujuan; Kebenaran. ia mengetahui dgn pasti bahwa jalan menuju satu kota tidaklah melulu harus sama dgn jalan yg ditempuhnya. ada banyak jalan menuju Roma, begitu kata pepatah. begitu juga ada banyak jalan menuju Kebenaran.

krn itu ia tidak buru2 menuduh orang lain itu salah, sesat, kafir, etc hanya krn jalan yg mereka tempuh tidak sama dgn jalan yg ia tempuh untuk menuju Kebenaran…

so, silahkan dipilih… : )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s